Laporan Hasil Aksi Nyata Budaya Positif
LAPORAN
HASIL
MODUL
1.4.A.10.2
AKSI NYATA - BUDAYA POSITIF
A. PENERAPAN BUDAYA POSITIF DI KELAS
IB SDN 013828 MANIS KEC.PULAU RAKYAT KAB.ASAHAN
1.
Latar
Belakang
Tujuan
Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara adalah menuntun segala kodrat yang ada
pada anak agar dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang
setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.
Seorang Guru Penggerak harus memahami dan memiliki keterampilan Nilai dan Peran
Guru Penggerak agar dapat mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, dapat mewujudkan
sebuah perubahan positif dan dapat menerapkan budaya positif di sekolah.
Budaya
Positif di sekolah adalah nilai-nilai, keyakinan-keyakinan, dan
kebiasaan-kebiasaan di sekolah yang berpihak pada murid agar murid dapat berkembang
menjadi pribadi yang kritis, penuh hormat dan bertanggung jawab. Untuk membangun budaya yang positif, sekolah
perlu menyediakan lingkungan yang positif, aman, dan nyaman agar murid-murid
mampu berpikir, bertindak, dan mencipta dengan merdeka, mandiri, dan
bertanggung jawab.
Untuk menerapkan Budaya Positif di sekolah dapat
dilakukan dengan membuat keyakinan kelas. Keyakinan kelas dibuat dengan
kata-kata yang ringkas, tidak terlalu panjang,
mudah dipahami oleh murid dan disepakati besama. Keyakinan kelas yang
disepakati bersama, kemudian dijalankan dan diterapkan agar dapat tercipta
suatu perubahan budaya positif di kelas dna sekolah, dan dapat menciptakan
murid yang memiliki nilai Profil Pelajar
Pancasila
2.
Tujuan
Tujuan dari aksi nyata ini adalah:
- Menumbuhkan nilai positif agar menjadi sebuah kebiasaan untuk murid.
- Menumbuhkan motivasi semangat dalam diri murid dalam melakukan perubahan budaya positif
- Menumbukan jiwa murid yang memiliki nilai karakter Profil Pelajar Pancasila
- Melatih kedisiplinan dan tanggung jawab murid dalam melakukan perubahan budaya positif.
- Menerapkan budaya positif melalui keyakinan kelas yang sudah disepakati
3. Tolak Ukur Keberhasilan
- Terbentuknya Keyakinan Kelas yang disepakati bersama
- Guru dan seluruh murid menjalankan keyakinan kelas yang disepakati dan menciptakan perubahan budaya positif di kelas dan sekolah.
4. Linimasa Tindakan
- Berkoordinasi
dan meminta persetujuan/dukungan dari kepala sekolah
- Membuat
keyakinan kelas bersama murid
- Melakukan Sosialisasi berbagi pengalaman dengan rekan guru lainnya tentang penerapan budaya positif melalui keyakinan kelas.
- Tindak lanjut
5.
Deskripsi
Aksi Nyata
Kegiatan aksi nyata ini memuat kegiatan-kegiatan dalam perencanaan dan penerapan budaya positif melalui keyakinan kelas yang disepakati bersama. Dalam perencanaan dan pembuatan keyakinan kelas melibatkan seluruh warga kelas termasuk guru. Kemudian melakukan sosialisasi kepada rekan guru lain agar dapat ikut serta melakukan perubahan budaya positif di kelas masing-masing.
Langkah-Langkah
dalam melakukan perubahan budaya positif melalui keyakinan kelas yaitu:
- Berkoordinasi
dan meminta persetujuan/dukungan dari kepala sekolah.
- Memberi
pemahaman arti tentang keyakinan kelas kepada murid di kelas
- Memberi
kesempatan kepada murid untuk menuliskan keyakinan kelas apa yang ingin dibuat
- Menyepakati
keyakinan kelas bersama dan menempelkannya di dinding kelas.
- Guru
memberikan penguatan kembali kepada murid tentang keyakinan kelas yang sudah
disepakati bersama.
- Guru
memberikan penguatan agar setiap siswa dan guru dapat menjalankan keyakinan
kelas yang sudah disepakati.
- Melakukan sosialisasi dan berbagi pengalaman kepada kepala sekolah dan rekan guru lainnya tentang penerapan budaya positif melalui keyakinan kelas agar dapat ikut serta melakukan perubahan budaya positif di sekolah.
6.
Dukungan
yang Dibutuhkan
- Kepala
Sekolah
- Rekan
Guru
- Seluruh
Siswa
- Orang
Tua Siswa
7.
Tindak
Lanjut
- Melakukan
peninjauan dan perubahan keyakinan kelas jika ada yang perlu diperbaharui di
waktu yang akan datang.
- Membuat
keyakinan kelas yang baru di Tahun Pelajaran mendatang dan disepakati bersama
dengan murid di kelas.
- Berkolaborasi
dengan kepala sekolah dan rekan guru untuk selalu menjalankan keyakinan kelas
yang dibuat dalam mewujudkan budaya positif di sekolah.
8. Hasil Kegiatan
- Berkoordinasi dan meminta
persetujuan/dukungan dari kepala sekolah.
- Guru memberi pemahaman mengenai keyakinan kelas kepada murid.
- Murid menuliskan Keyakinan Kelas yang ingin diterapkan di kelas
- Murid menempelkan Tulisan Keyakinan Kelas yang sudah disepakati
- Guru memberikan penguatan kembali kepada murid tentang keyakinan kelas yang sudah disepakati bersama
- Murid menjalankan keyakinan kelas yang sudah disepakati bersama.
B. SOSIALISASI BERBAGI PENGALAMAN PENERAPAN BUDAYA POSITIF
Sosialisasi dan berbagi pengalaman kepada kepala sekolah dan rekan guru lainnya tentang penerapan budaya positif melalui keyakinan kelas agar dapat ikut serta melakukan perubahan budaya positif di sekolah.
Komentar
Posting Komentar