Modul 3.1.a.7 Demonstrasi Kontekstual-Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran

 

Modul 3.1.a.7 Demonstrasi Kontekstual 

Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran 




Fatimah Azzahra Harahap

UPTD SDN 013828 Manis

CGP Angkatan 4 Kabupaten Asahan 

 

1.  Bagaimana Anda nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?

     Jawab:  


    Saya akan berkoordinasi terlebih dahulu kepada kepala sekolah kemudian meminta izin padanya untuk melakukan sosialisasi kepada rekan guru lainnya di sekolah mengenai ilmu dan pengetahuan yang saya dapatkan dalam program pendidikan guru penggerak ini. Melalui Komunitas Praktisi yang sudah terbentuk di sekolah, saya dan rekan CGP di sekolah saya akan  mentransfer pengetahuan yang saya dapatkan pada PGP ini, serta saya juga akan berbagi pengalaman praktik baik yang telah saya lakukan selama mengikuti program guru penggerak kepada anggota Komunitas Praktisi .Bersama teman CGP lain disekolah, kami akan berbagi dan menerapkan pengetahuan PGP ini di KKG Gugus lingkungan sekolah. Dengan menampilkan kegiatan-kegiatan yang kami lakukan baik dari Lokakarya, Pendampingan serta Aksi Nyata yang dilakukan agar dapat dilihat dengan langsung oleh seluruh anggota KKG. Harapan saya agar apa yang telah saya bagikan dalam Komunitas Praktisi dan KKG, dapat menjadi  motivasi dan keingintahuan yang tinggi kepada teman-teman guru di sekolah ataupun sekolah lain agar memiliki kemauan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan diri dengan ikut serta mengikuti Program Guru Penggerak.  



2.    Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?

Jawab:


Langkah-langkah yang akan saya lakukan dalam memgambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran adalah dengan menggunakan 9 langkah pengambilan keputusan yang sudah saya pelajari dan pahami pada Modul 3.1. Sebelumnya saya akan mengidentifikasi situasi permasalahan yang saya hadapi, apakah jenis dilema etika atau bujukan moral. Setelah itu melakukan langkah-langkah tersebut yaitu:

·         Mengenali nilai-nilai yang saling bertentangan

·         Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi ini.

·         Kumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan situasi ini.

·         Pengujian benar atau salah

        • Uji Legal adalah apakah ada aspek pelanggaran hukum dalam situasi  itu
        • Uji Regulasi adalah dilema etika, dan tidak ada aspek pelanggaran hukum di dalamnya
        • Uji Intuisi, Langkah ini mengandalkan tingkatan perasaan dan intuisi Anda dalam merasakan apakah ada yang salah dengan situasi ini
        • Uji Publlikasi, apa yang Anda akan rasakan bila keputusan ini dipublikasikan di media cetak maupun elektronik dan menjadi viral di media sosial. 
        • Uji Panutan/Idola, apa yang akan dilakukan oleh seseorang
          yang merupakan panutan Anda.

·      Pengujian Paradigma Benar lawan Benar

·      Melakukan Prinsip resolusi

·      Investigasi Opsi Trilema 


3.  Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa.

Jawab:


Saya akan menerapkan langkah-langkah tersebut mulai dari sekarang dan disaat saya mengalami situasi dilema etika yang membutuhkan suatu keputusan yang efektif dengan menerapkan dan memperhatikan 4 paradigma, 3 prinsip dan 9 langkah pengambilan keputusan. Serta disaat rekan guru yang sedang mengalami situasi dilema etika, maka saya akan membantunya menghasilkan sebuah keputusan dengan menerapkan dan memperhatikan konsep-konsep tersebut.

Rencana saya untuk hal ini adalah:

1.   Komitmen untuk memulainya dari sekarang dan menerapkannya saat menghadapi situasi   dilema etika.

2.    Terlebih dahulu mengidentifikasi jenis permasalahan yang terjadi

3.    Memulainya dari lingkungan kelas kemudian meluas ke lingkungan sekolah.  



4.   Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif.

      Jawab:


Yang akan menjadi pendamping saya dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran adalah :

  • Kepala sekolah sebagai pembina dan penanggung jawab pengambilan keputusan di sekolah.
  • Pengajar Praktik sebagai pembimbing saya dalam menjalankan langkah-langkah pengambilan keputusan.
  • Pengawas Sekolah sebagai pengawas pelaksanaaan pembelajaran di sekolah
  • Rekan guru sesama CGP di sekolah saya sebagai bentuk kerja sama tim dalam mengambil keputusan sebagai pemimpin pembelajaran.
  • Komite Sekolah, dan
  • Murid 
Hal tersebut diatas bertujuan agar  dapat mendampingi saya sebagai pemimpin pembelajaran untuk mengambil sebuah keputusan yang tepat dan efektif. 


 
UPTD SDN 013828 Manis Kec.Pulau Rakyat Kab. Asahan





Komentar